Paten Microsoft merinci perangkat yang memberi tahu Anda saat sedang diisi dayanya

Paten Microsoft merinci perangkat yang memberi tahu Anda saat sedang diisi dayanya

Salah satu kelemahan masyarakat modern adalah orang sering memikirkan berapa banyak baterai yang tersisa di perangkatnya. Hal ini sering kali menyita pikiran kita, dan meskipun kita selalu tahu bahwa mengisi daya jika ragu adalah hal yang baik, kita juga tidak ingin repot mengisi daya perangkat jika akan bertahan hingga penghujung hari sebagaimana adanya. Microsoft telah mengajukan paten yang dapat membantu memecahkan masalah ini, yang disebutnya “teknologi pengisian daya adaptif.”

Permohonan paten Microsoft dimulai pada 28 Maret 2024, dan menjelaskan sistem yang secara adaptif dapat memicu pemberitahuan pengisian daya untuk pengguna. Inti dasar dari teknologi ini adalah teknologi ini akan mempelajari pola penggunaan Anda dan kemudian “adaptif” memberi tahu pengguna apakah mereka harus mengisi daya perangkatnya berdasarkan pola penggunaannya. Microsoft mengatakan teknologi ini akan memprediksi perilaku Anda selanjutnya berdasarkan perilaku Anda di masa lalu dan kemudian memperingatkan Anda jika Anda harus mengisi daya perangkat Anda sebelum terlambat.

Paten tersebut ditemukan oleh Windows Report, yang mencatat bahwa Microsoft mengatakan teknologi tersebut dapat diterapkan pada berbagai perangkat. Salah satu ilustrasi dalam paten menunjukkan seseorang memegang telepon dan menerima pemberitahuan pengisian daya (di atas). Namun ada juga ilustrasi headset PC, pengontrol Xbox, dan bahkan mobil listrik. Ini menggambarkan sistem yang melaluinya perangkat seluler dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, seperti konsol video game dan layanan cloud, untuk menentukan apakah pemberitahuan diperlukan.

Teknologi baru mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan ini, meskipun Microsoft mungkin juga mengimplementasikannya sebagai perangkat lunak. Namun, paten tersebut menjelaskan perangkat seperti konsol game dan ponsel yang menyertakan satu LED yang menyala untuk mengingatkan pengguna bahwa perangkat sedang mengisi daya. Dikatakan bahwa logika pada perangkat dan server jarak jauh dapat memicu notifikasi.

Namun, setidaknya satu bagian dari aplikasi dapat menimbulkan masalah privasi. Dikatakan bahwa itu akan melacak game yang Anda mainkan dan apakah Anda memainkannya dengan teman menggunakan headset atau tidak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengiriman di masa depan. Sebagai salah satu contoh saja, disebutkan bahwa beberapa game menggunakan umpan balik haptik, yang dapat menguras baterai lebih cepat dibandingkan game yang tidak, sehingga Anda dapat memahami perbedaannya dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam rekomendasi pengisian dayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *